4 Hal yang Sering Bikin Kentut

Penyebab Kentut - Meski sehat, kegiatan buang angin (atau sering disebut kentut), kadang sering membuat kita tidak nyaman. Pada kenyataannya, setiap orang buang angin sebanyak 13-21 kali per hari, termasuk bersendawa. Jika Anda menemukan diri buang angin lebih sering dari biasanya, bisa jadi dikarenakan makanan Anda banyak yang mengandung gas.
 

Kebanyakan kentut tidak berbau, tapi semua orang pasti pernah mengalami kentut yang bau. Bau itu biasanya disebabkan oleh belerang di sistem tubuh dan –yang terpenting- itu bukan tanda bahwa Anda sedang mengidap penyakit tertentu. 
Tapi jika bau itu disertai dengan gejala lain, seperti sakit perut, cobalah konsultasikan ke dokter Anda. Bisa jadi perut Anda mengalami infeksi atau tidak mampu mencerna laktosa dalam produk susu. Atau, Anda memiliki penyakit celiac  (masalah mencerna gluten) yang sering ditemukan dalam gandum dan biji-bijian lainnya.
Tetapi, apa sih pemicu buang angin yang paling umum, dan bagaimana mengatasinya?

Makan Permen Karet
Setiap kali Anda menelan udara, makan atau minum terlalu cepat, minum minuman bersoda, merokok, dan mengunyah permen karet, Anda bisa buang angin lebih sering. Tapi, penyebab yang paling utama adalah pemecahan makanan dalam usus yang secara medis disebut sebagai perut kembung.

Perjalanan Udara
Perubahan tekanan udara dapat memengaruhi telinga Anda. Untuk membantu menjaga agar Anda tidak kerap buang angin saat berada di udara, perhatikan apa yang Anda makan sebelum dan selama penerbangan. Jangan makan makanan yang mengandung banyak gas, seperti kacang, ubi, atau minum susu.
Selain makanan, perhatikan apa yang Anda kenakan. Pakailah pakaian yang dilapisi dengan karbon untuk membantu menyaring bau kentut Anda.

Bertambahnya usia
Benar, semakin Anda tua maka sistem pencernaan Anda menjadi lebih lambat. Anda mungkin juga mengalami sembelit yang membuat gas di dalam perut Anda meningkat. Obat pencahar dapat membantu Anda mengatasi sembelit dan mengurangi gas dalam tubuh Anda.

Karbohidrat
Setiap orang berbeda, dan makanan yang menyebabkan gas pada tiap orang juga berbeda. Tapi secara umum, makanan yang tinggi karbohidrat lah yang menyebabkan lebih banyak gas.

Makanan tinggi lemak tinggal di perut lebih lama. Dengan mengurangi porsi karbohidrat pada makanan, Anda dapat membantu mengurangi kembung. Untuk membantu perut kosong lebih cepat dan membuat gas lebih cepat hilang, konsumsilah makanan yang mengandung lemak.

Secara umum, protein tidak memberikan kontribusi gas. Tetapi jika Anda memiliki masalah mencerna laktosa (gula dalam susu), produk susu akan menghasilkan gas.
Cara Mengurangi Bau
1. Ketika sadar kentut Anda bau, segeralah buka jendela. Menyemprotkan parfum, menyalakan korek, atau menggunakan penyegar ruangan, mungkin bisa menyamarkan bau, tapi tidak benar-benar membuat baunya pergi.
2. Berolahraga teratur akan membantu menyingkirkan setiap udara ekstra di sistem tubuh.
3. Mengonsumsi suplemen diet. Ada beberapa suplemen yang mampu mengatasi kelebihan gas pada perut Anda. Hal itu dikarenakan, ada kandungan di dalamnya yang mampu memecah glukosa pada makanan dan membantu mengatasi gas berlebih.

1 Response to "4 Hal yang Sering Bikin Kentut"

  1. Jadi permen karet juga bikin kentut ya, baru tau aku kak ?

    Oh iya, kunjungan perdana ni kak, kunjungi balik blog sederhanaku ya ?

    BalasHapus