11 Rahasia Hidup Umur Panjang

Rahasia Hidup Umur PanjangAdakah orang yang tidak ingin hidup lebih lama? Semua pasti menginginkannya, meski mungkin tak tahu bagaimana caranya. Berikut 11 rahasia hidup lebih lama yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda.



Teliti
Sebuah studi pada tahun '80-an menemukan, salah satu prediktor terbaik umur panjang adalah kepribadian yang teliti. Para peneliti (atribut yang diukur adalah perhatian terhadap detail dan ketekunan) menemukan, orang yang teliti melakukan lebih banyak hal untuk melindungi kesehatan mereka, dan membuat pilihan yang mengarah pada relasi yang lebih kuat, serta memiliki karier yang lebih baik.

Berteman
Bersyukurlah jika Anda memiliki banyak teman, karena mereka membantu Anda hidup lebih lama. Peneliti Australia menemukan, orang yang memiliki banyak teman meninggal 10 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang teman-temannya sedikit.

Bijak Pilih Teman 
Tidak semua teman memberikan dampak positif terhadap hidup Anda. Carilah teman yang membuat hidup Anda lebih sehat. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa obesitas bisa menular secara sosial. Nah, jika Anda memiliki seorang teman yang gemuk, 57 persen Anda juga berkesempatan menjadi gemuk. Selain obesitas, kebiasaan merokok juga bisa menular.

Tidur siang
Kebiasaan tidur sejenak di siang hari (15-30 menit) sangat baik dilakukan. Sebuah studi yang melibatkan 24.000 peserta menunjukkan bahwa orang yang kerap melakukan siesta (tidur sejenak), kemungkinan untuk meninggal karena penyakit jantung 37 persen lebih kecil.  Para peneliti juga setuju, tidur siang membantu jantung menjaga hormon stres turun.

Menikah
Beberapa studi menunjukkan, orang yang menikah cenderung hidup lebih lama dibandingkan yang lajang. Alasannya, karena adanya dukungan sosial dan ekonomi.

Terus Bergerak
Orang yang berolahraga, katanya, bakal hidup lebih lama daripada mereka yang tidak. Menurut puluhan studi, aktivitas fisik secara teratur dan makan lebih banyak serat tidak hanya efektif mengurangi lemak perut, tetapi juga mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, beberapa jenis kanker, dan depresi. Latihan bahkan dapat membantu Anda tetap tajam mental di usia tua Anda.
Spiritual
Penelitian menunjukkan orang-orang yang menghadiri acara keagamaan cenderung hidup lebih lama. Dalam sebuah studi, orang yang berusia di atas 65 tahun ternyata terlibat di pelayanan keagamaan lebih dari sekali seminggu. Jaringan sosial yang kuat yang berkembang dalam pelayanan juga berkontribusi memberikan mereka kesehatan.

Memaafkan
Melepaskan dendam memiliki manfaat kesehatan fisik yang mengejutkan. Kemarahan kronis terkait dengan penurunan fungsi paru-paru, penyakit jantung, stroke, dan penyakit lainnya. Pengampunan akan mengurangi kecemasan, menurunkan tekanan darah, dan membantu Anda bernapas lebih mudah. Manfaat ini cenderung meningkat seiring bertambahnya usia.

Prioritaskan Tidur 
Tidur berkualitas menurunkan risiko obesitas, diabetes, jantung, dan gangguan mood . Selain itu, membantu Anda sembuh lebih cepat dari penyakit.

Kelola Stres 
Dean Ornish, MD, telah menerbitkan penelitian yang menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup termasuk manajemen stres tidak hanya membantu mencegah penyakit jantung, tapi juga stres. Menghindari stres memang bukan pilihan baik bagi beberapa orang, tapi ada cara efektif untuk mengendalikannya. Misalnya dengan yoga, meditasi, atau latihan pernapasan.

Punya Tujuan 
Melakukan hobi dan kegiatan yang memiliki makna dapat berkontribusi untuk kehidupan yang panjang. Peneliti Jepang menemukan, pria yang hidup tanpa tujuan rentan meninggal akibat stroke atau jantung. Studi lain di Rush University Medical Center menunjukkan, memiliki tujuan hidup bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer.
 

1 Response to "11 Rahasia Hidup Umur Panjang"

  1. Kalau boleh aku tambahkan :

    Makan dengan teratur dan bernutrisi

    Kunjungi balik blog sederhanaku ya kak ?

    BalasHapus